BENTUK TPPS, PLT BUPATI HSU INGINKAN FOKUS PENANGANAN STUNTING

AMUNTAI – Guna mempercepat penurunan angka stunting di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSU menggelar rapat pembentukan Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS), di Mess Negara Dipa, Senin (14/3/2022).

Dalam arahannya, Pelaksana Tugas (Plt) Bupati HSU, Husairi Abdi mengatakan, upaya menurunkan angka stunting di HSU tidak hanya menjadi tugas Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB), namun instansi terkait ikut aktif dalam menekan angka stunting di Hulu Sungai Utara.

“Stunting ini juga harus ada masukan-masukan dari seluruh instansi (SKPD) yang terkait dalam melakukan percepatan penurunan ini.” ucap Husairi.

Menindaklanjuti, berdasarkan amanat Peraturan Presiden (Perpes) Nomor 72 Tahun 2021, tentang percepatan penanganan stunting di Indonesia.

Husairi menegaskan, dibentuknya tim percepatan penurunan stunting di tingkat Kabupaten Hulu Sungai Utara lebih memantapkan koordinasi yang bertujuan untuk lebih fokus dan efektif dalam percepatan penanganan stunting. Mengingat dimana masih banyak anak dibawah dua tahun terkena stunting

“Untuk mencegah stunting pada masa bayi dan balita merupakan salah satu usaha yang efektif untuk kelangsungan tumbuh kembang yaitu meletakkan dasar-dasar kesehatan dan intelektual anak untuk kehidupan yang akan datang.” kata Husairi.

Sementara, Kepala Dinas PPKB HSU, Anisah Rasyidah menyampaikan dengan terbentuknya TPPS ini untuk mengemukakan langkah-langkah strategis dalam menurunkan angka stunting di HSU.

“Target di tahun 2024 paling tidak 14 persen angka stunting di Kabupaten HSU dan tidak menutup kemungkinan di bawah 14 persen HSU akan mencapai target yang akan di tentukan.” imbuhnya.

Anisah mengaku, hal itu akan terwujud, apabila keterlibatan semua pihak dari Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten hingga tingkat Kecamatan berkoordinasi dalam menurunkan angka stunting di Hulu Sungai Utara.

“Tentu nya kami menginginkan dan memohon kerjasama yang baik tim yang sudah kita bentuk pada hari ini.” tutupnya. (Diskominfosandi/risky/febbry)

 7 Total Views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *