ATR/BPN LUNCURKAN APLIKASI BUKU TANAH ELEKTRONIK DAN SENTUH TANAHKU

AMUNTAI – Dalam rangka memberikan kepastian hukum yang jelas disektor pertanahan. Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR)/ Badan Pertanahan Nasional (BPN) meluncurkan Aplikasi Buku tanah Elektronik dan Aplikasi Sentuh Tanahku.

Kantor Pertanahan (KANTAH) HSU bersama Dinas Komunikasi, Informasi dan Pesandian melaksanakan Sosialisasi aplikasi tersebut di Aula KANTAH HSU, Kamis (2/3/2023).

Hadir dalam Kegiatan tersebut Pelaksana tugas (Plt) Asisten 1 bidang Pemerintahan dan Kesra, Adi Lesmana mewakili Penjabat (Pj) Bupati HSU, Kepala KANTAH HSU Sofia Rachman, Kasub Pengembangan Sistem Infomasi Pusdatin Kementerian ATR/BPN, Muhammad Irfan selaku Narasumber serta Muhammad Mathori dan Wahyu Nugroho yang masing – masing menjabat Kepala Seksi Survei Pemetaan KANTAH HSU.

Kepala KANTAH HSU, Sofia Rachman mengatakan, sinergitas antara KANTAH dengan Pemkab terus terjaga dan berharap Diskominfosandi dapat membantu atau memfasilitasi program yang berbasis digital ini, sehingga masyarakat HSU mengetahui layanan-layanan yang diselenggarakan oleh Kami.

Sofia Rachman menyebut, Layanan di KANTAH HSU kedepannya akan bersifat elektronik dan online yang tentunya hal ini berkaitan dengan pembangunan Zona Integritas (ZI) Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) di KANTAH HSU.

Sementara itu, Muhammad Irfan dari Pusdatin BPN dalam pemaparannya menyampaikan, dengan diberlakukannya sistem online ini akan mempermudah masyarakat berkenaan dengan dokumen pertanahan, kemudahan jual beli, balik nama, status kepemilikan, letak tanah dan ukuran tanah hanya dengan peralatan IT dan keamanan dokumen tanah juga terjamin, nantinya tidak akan ada lagi masyarakat kehilangan dokumen pertanahan atau dokumen pertanahan terbakar.

“Sebelumnya ditempat yang sama juga dilakukan sosialisasi dan pelatihan yang disertai praktek antrean online yang di ikuti oleh Kepala Kantor, Kasubag TU, Korsub, Petugas Loket, Petugas arsip dan Admin KKP KANTAH HSU dengan Narasumber dari BPN Pusat.” ujarnya. (Diskominfosandi/rahman)

 4 Total Views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat Datang di Website Bappelitbang Kabupaten Hulu Sungai Utara